Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools (Search Console)

Bagi anda baru pertama kali membuat blog dan ingin artikel yang telah di posting di lihat oleh orang lain, melalui mesin pencarian Google, pada pembahasan ini saya akan uraikan bagaimana cara mendaftarkan blog ke google webmaster tools dengan mudah dan cepat lengkap dengan gambar.

Untuk Google search console versi terbaru bagi yang menggunakan blogspot tidak perlu lagi melakukan verifikasi manual, karena sudah secara otomatis diverfikasi, tapi harus menggunakan alamat email yang sama untuk blog dan GWT https://support.google.com/webmasters/answer/9008080

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools Versi Terbaru

Langsung buka situs https://www.google.com/webmasters/ jika sudah masuk ke halaman situs seperti pada gambar dibawah ini.
Cara daftar Blog ke Google Webmaster Tools Terbaru

Pilih tombol masuk pada bagian kanan atas, atau pilih tombol search console, masuk menggunakan akun Gmail.

Akan muncul halaman, masukan alamat blog pada bagian pertama tidak perlu menggunakan https atau www jika masuk gratisan seperti blog saja ini.

Jika sudah masukan url blog, alamat situs anda lalu pilih tombol terus.

kirim url Google search console

Akan muncul halaman pop up kepemilikan diverifkasi otomatis, sudah selesai daftar blog ke Google webmaster tools, memang versi terbaru tidak terlalu ribet harus melakukan verifikasi manual dengan memasukan kode ke dalam template blog lagi.

Google-search-console-verifikasi

Pada tahapan awal sudah selesai, kita lanjutkan pada tahapan berikut adalah

Kirim peta situs atau blog ke Google webmaster tools

Pada bagian sebelah kiri ada menu klik PETA SITUS, masukan alamat peta situs di kolom yang kosong seperti https://blogujicoba.blogspot.com/sitemap.xml lanjut klik tombol KIRIM berada di samping kanan, jika anda sukses akan muncul pop up pemberitahuan peta situs berhasil dikirimkan, klik OK.

Semua tahapan sudah di lakukan sekarang artikel postingan yang sudah anda lakukan akan dengan mudah orang lain mencari, perlu saya pertegaskan jika ingin artikel berada di halaman Google harus membuat artikel yang menarik dan asli.

Baca juga: Agar judul Artikel Postingan Muncul di Google

Demikian artikel singkat semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools (Search Console)"